PASAR KEUANGAN


 PENGERTIAN PASAR KEUANGAN

Pasar keuangan adalah mekanisme pasar yang memungkinkan bagi seorang atau korporasi untuk dengan mudah dapat melakukan transaksi penjualan dan pembelian dalam bentuk sekuritas keuangan (seperti saham dan obligasi), Dalam sekuritas komoditas dimungkinkan dapat melakukan pembelian dan penjualan awal atas produk-produk sumber alam seperti produk pertanian dan Pertambangan dan lain sebagainya.

FUNGSI PASAR KEUANGAN

1. Sebagai sarana alternatif khususnya bagi lembaga-lembaga keuangan.

2. Sebagai sarana pengendali moneter tidak langsung oleh penguasa moneter dalam melaksanakan operasi pasar terbuka.

3. Dalam hal fungsi informasi pasar uang dapat memberikan informasi bagi perusahaan, pemerintah, perorangan, sector luar negeri, dan peserta pasar uang lainnya.

JENIS-JENIS PASAR KEUANGAN

1. Pasar Modal (capital market), merupakan pasar diperjual belikannya modal jangka panjang dalam bentuk surat berharga.

2. Pasar Uang (money market), merupakan pasar diperjual belikannya modal jangka pendek dalam bentuk surat berharga, seperti deposito berjangka, wasel atau proses dimana jangka waktunya kurang      dari 1 tahun.

3. Pasar Valuta Asing (foreign exchange market), merupakan pasar yang melakukan kegiatan transaksi valuta asing.

4. Pasar Kredit Konsumen (consumer credit market), merupakan pasar yang melayani pinjaman pembiayaan pinjaman untuk pembiayaan konsumen baik berupa produk barang atau jasa.

5. Pasar Hipotek (mortgage market), merupakan pasar yang melayani pinjaman untuk lahan real estate/perumahan, komersial, industri, dan pertanian.

6. Pasar Komoditas (future market), merupakan pasar yang melakukan kegiatan jual beli komoditas tertentu seperti produk pertanian.

RISIKO PASAR KEUANGAN

Risiko Pasar Keuangan dapat diklasifikasikan menjadi dua, yaitu :

1. General Money Market Risk (Risiko Pasar Uang Secara Umum), risiko ini dialami oleh seluruh perusahaanyang disebabkan oleh suatu kebijakan yang dilakukan oleh lembaga terkait yang mana kebijakan tersebut mampu memberi pengaruh bagi seluruh sektor bisnis.

2. Sperfick Money Market Risk (Risiko Pasar Uang Secara Spesifik), merupakan suatu bentuk risiko yang hanya dialami secara khusus pada satu sektor atau sebagian bisnis saja tanpa bersifat menyeluruh.


Daftar Pustaka 

1. Kasmir, Pengantar Manajemen Keuangan, (Yogyakarta : Predana Media, 2016), hlm. 2-4

2. P. Morgan, Prinsip-Prinsip Manajemen Keuangan (Malang : PT. Salemba, 2013), hlm. 91-93


Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERAN DEWAN PENGAWAS SYARIAH DALAM PASAR MODAL SYARIAH

PASAR UANG DAN SALURAN TRANSMISI KEBIJAKAN MONETER KARAKTERISTIK PASAR UANG

PASAR UANG DI BEBERAPA NEGARA